Senin, 07 Januari 2013

Daftar lagu yang bisa bikin kamu gelisah

Hoahemm, ----> *salam macam apa ini*
 
Beberapa hari terakhir ini Kota Manado dan sekitarnya sering dilanda hujan, angin kencang serta pemadaman listrik. Ini tentunya merupakan kabar baik bagi lo yang hobi gelayutan di kasur. Ya, tak ada yang lebih indah bagi kasur holic daripada hujan dan mati lampu. Tapi buat elo yang punya kegiatan di luar seperti kerja, kuliah (*eh ini hari pertama masuk kuliah kan yah?), dan janjian ama pacar, hal ini pasti membuat lo jengkel. 

Nah, pada postingan kali ini gue mau nge-share beberapa lagu yang bisa merubah ke-jengkelan kalian menjadi sebuah kegelisahan dan menimbulkan perasaan tidak enak. Pas banget buat menemani hari sendu nan dingin kalian. Check this out (*parental guidance*):


LINGSIR WENGI


Menjelang malam, dirimu akan lenyap…
Jangan bangun dari tempat tidurmu…
Awas jangan menampakkan diri…
Aku sedang dalam kemarahan besar…
Jin dan setan yang kuperintah…
Menjadi perantara…
Untuk mencabut nyawamu…

*terjemahan dari bahasa jawa*



Mitosnya sih nih lagu adalah lagu pengantar buat manggil kuntilanak. Nah kalo lo adalah orang  berani dan mau mencoba hal-hal baru (*semacam temenan sama kuntilanak) nih monggo di download.


GLOOMY SUNDAY


Sunday is gloomy, my hours are slumberless
Dearest the shadows I live with are numberless
Little white flowers will never awaken you
Not where the black coach of sorrow has taken you
Angels have no thought of ever returning you
Would they be angry if I thought of joining you?


*Lirik diadaptasi ke bahasa inggris oleh Sam Lewis*
 
Lagu yang semula merupakan puisi yang di tulis oleh László Jávor (ah *lidah gue* *lidah gue*)ini menceritakan tentang isi hatinya yang ingin bunuh diri akibat kematian bebebnya. Mirisnya setelah nulis ntuh puisi,si László ini kemudian bener-bener bunuh diri.

Tahun 1933, nih puisi di bikinin lagu oleh komposer Hungaria bernama Rezső Seress (*lidah gue* *lidah gue*). Tahun 1968, 35 tahun setelah lagu itu di rilis, sang komposer melompat dari jendela apartemennya di Budapest. *gak tahu kenapa, mungkin depresi karena namanya susah di sebutin*

Tahun 1941, lagu ini di cover oleh penyani Billie Holliday yang kemudian menjadi hits dan di putar di banyak radio. Nah KATANYA setelah lagu ini populer banyak kasus-kasus bunuh diri yang terjadi yang menyebabkan lagu tersebut dilarang untuk di putar di radio-radio Inggris dan Hungaria (*menurut yang gue baca sih kasus bunuh diri meningkat akibat depresi yang disebabkan masa-masa susah akibat peperangan).

Banyak juga katanya musisi yang mencoba mengcover lagu ini akhirnya malah bunuh diri, seperti Billie Mackenzie vocalis band The Associate yang mengcover  lagunya pada tahun 1997 kemudian mengakhiri hidupnya di rumah ayahnya. *kenapa juga harus di rumah ayahnya??* *tau ah*

Kemudian...weww, udah ah males gue nulis sejarahnya, mending di search ndiri aja di google. Yang pasti lagu Gloomy Sunday telah menjadi legenda. Dan buat elo yang merasa cukup-tidak-sedang-dalam-masa patah hati, nih donlot (versi asli, kalo mau denger yang lebih nyesek cari versinya Billie Holiday *yang entah kenapa gak ada lagi setelah gue cari).

KARLMAYER


Karlmayer ini adalah suara atau musik yang bisa bikin otak lo melompat keluar dari dalam kepala. Serius, setelah donlot dan denger beberapa menit, nih lagu langsung gue hapus lagi

Setelah gue browsing, Karlmayer ini sama sekali nggak berhubungan dengan hal-hal yang ghaib atau mitos tapi lebih kepada sound pollution yang konon dapat menghancurkan otak dan mental manusia. Sama seperti Revolution no 9 (yang di reverse) nya The Beatles, Karlmayer ini sering di gunakan untuk menginterogasi para tahanan di penjara.

So, gue nggak mau ngasih link downloadnya ya. Gue nggak mau di salahkan kalo tiba-tiba lo jadi orang linglung kehilangan arah yang jalan dari rumah ke warung harus pake kompas. Tapi kalo lo ngotot dan penasaran pengen ngedengerin sih gue saranin baca ini dulu.

KUFAKU BAND (*lagu apa ajah)
 
Nah kalo lo belum cukup gelisah setelah ngedengerin beberapa lagu di atas, coba denger ini deh. Saking besarnya efek perasaan tidak enak yang di timbulkan, lagu-lagu band ini sempat masuk dalam koleksi lagu minggu sorenya Malesbanget.com.

Berikut beberapa komentar yang gue himpun dari pembaca malesbanget.com setelah mendengar lagu ini:



Nah daripada penasaran, langsung aja nih di liat:



Okeh...berhubung laptop gue sebentar lagi wafat karena disini juga mati lampu, sampe sini dulu postingan gue. Semoga postingan gue kali ini mampu menghembuskan kegelisahan di tengah lampu temaram dan suasana sedu sedan kalian. Ciao....

Tidak ada komentar:

Posting Komentar