Rabu, 19 November 2014

Amprotubi, norak-norak bergembira ala orang Indonesia


Oke jadi gini guys, jadi beberapa hari yang lalu gue iseng liat-liat instagram sampe nyasar ke akunnya Ed Sheeran, salah satu musisi yang gue follow di Instagram. Nah di akunnya ini, si Ed posting foto tentang The Raid : Berandal, yang mengungkapkan bahwa Ed sangat mengagumi film tersebut.


Yap, film produksi Merantau Films ini memang mampu berbicara banyak di kancah perfilman Internasional dan menjadi buah bibir banyak selebritas dunia, sebut saja Kevin Bacon, Chad Gilbert, Stephen King, dan banyak lagi nama beken lainnya yang tentu saja secara tidak langsung membuat kita orang Indonesia bangga dengan Film produksi dalam negeri tersebut.





Tapi yang mau gue bahas disini bukan mengenai film The Raid serta kisah suksesnya, melainkan tabiat overproud-nya orang Indonesia yang mohon maaf kalo gue harus bilang norak. Iya NORAK. Yep, lo liat aja komen yang mengikuti postingan Ed Sheeran, dll tersebut. Kebanyakan dari mereka pasti nulisnya gini :


“I’m proud to be Indonesian!” ato “Hey dude, It’s from my country. You should come here and see it yourself” ato pun sekedar “INDONESIA!!! Prokk..prokkk...prokkk!!!” (*lo pikir lagi nonton bola di GBK apa?).




*Mata gue...mata gue!!!*


Kebanggaan 'BERLEBIHAN' ketika sesuatu yang berhubungan dengan negaranya menjadi sorotan masyarakat dunia inilah yang belakangan gue tahu sebutannya adalah Amprotubi. Istilah slang ini pertama kali gue lihat di Kaskus, sebagai sebutan untuk orang-orang yang kerap menuliskan "I am proud to be..." dalam komentar di media-media sosial. Untuk lebih jelasnya mungkin gambar dari @andiihsandi di bawah ini bisa membantu.





Sebenarnya fenomena ini bukan hanya kali ini (untuk film the raid) saja. Liat aja channel-channel traveling yang lagi ngebahas Indonesia, video clip artis asal Indonesia yang berhasil go International, game asal Indonesia yang dimainin ama orang asing, atau sekedar bule-bule pengen ngetop yang cover lagu-lagu Indonesia, pasti rata-rata komennya orang Indonesia ga jauh-jauh dari komentar-komentar kaya di atas tadi.

Begitu juga dulu sewaktu kontestan salah satu ajang pencarian bakat di Indonesia menyanyikan lagunya (*kalo ga salah) Michael Buble yang menurut para amprotubi ini bagus. Mereka berbondong-bondong membombardir akun si Buble yang meminta Buble untuk liat performance-nya si kontestan ini.

Hmm, mungkin elo berpendapat gini: Lah emang kenapa dengan itu?, Bagus dong kalo kita banggain negara sendiri?, Itu kan namanya Nasionalis njing?, ato lo ini antek-antek PKI ya? Iya? Iya?...hmmm...pasti Iluminati.


Oke fine. Nggak masalah kalo sebagai orang Indonesia kita membanggakan negara kita tercinta ini. Tapi lo juga kudu ngeliat dari sisi orang lain juga. Jangan sampai kita ini dianggap pengganggu. Gue aja yang sesama orang Indonesia risih bin mual ngeliatnya apalagi orang luar. 

Coba lo bayangin gimana perasaan si Buble yang mungkin pada hari itu lagi nunggu mention dari pacarnya yang mengharapkan kepastian atas kejadian muntah-muntah pacarnya beberapa hari yang lalu, terus pas lagi deg-degan datanglah berjuta-juta mention dari negara pengguna twitter terbesar nomor lima di dunia yang menyuruh si Buble buat nonton performnya si kontestan yang dia kenal aja enggak. Mending kalo menurutnya bagus. Kalo enggak?lah pasti gondok si Buble.


Atau katakanlah jika ada bule yang pengen nyari referensi film The Raid di channel-channel film review di yutub, terus mau lihat sharing atau kritik maupun komentar dari pengguna lain yang sudah nonton, tapi sepanjang kolom komentar yang terlihat malah “This is from my country, Proud to be Indonesian!”. Apakah si bule akan bilang [“Woww...so you’re from Indonesia?you’re so cool. I’m so jealous”]???. Enggak kan? ENEG iya!.


My point is jangan sampe kita malah dianggap ‘nyepam’, atau dianggap penggangu yang nyebelin oleh bangsa asing dan kemudian malah jadi bahan olok-olokkan seperti ini:

 





*sadis-sadis amat komennya :(


Well, namanya bangga atas Indonesia boleh-boleh aja sih ya, bahkan wajib bagi kita rakyat Indonesia. Tapi plis berbanggalah pada tempatnya, jangan berlebihan kemudian jatohnya justru bikin malu. Caranya? simpel aja sih kalo kata koh Maspion di TV: “Cintailah selalu protuk-protuk Indonesia”.


Salam :)

1 komentar: