Rabu, 22 Agustus 2012

Happy Jepret with Android


Gue lagi punya hobi baru nih. Bukan, bukan nonton spongebob yang gue maksud. Itu hobi lama. Hobi baru gue sekarang adalah fotografi, tapi bukan dengan kamera profesional. Yap, lo ngga harus punya SLR buat nyalurin hobi lo buat foto-foto. Buat lo yang punya handheld android lo bisa bereksperimen dengan fotografi melalui aplikasi-aplikasi yang ada di android. *Modus, padahal nggak punya duit buat beli SLR*

Nah, pada kesempatan kali ini gue mau nge share aplikasi-aplikasi yang biasa gue pake buat ‘futu-futu’. Oke dua kata yang terakhir itu alay banget. Yah walaupun hasilnya tentu saja nggak se-bagus kamera profesional, tapi gue rasa cukup lah ya bagi yang mau jepret sana sini dengan hasil yang lumayan bagus. So, here they are guys...

Aplikasi Kamera

Camera 360


Ini aplikasi kamera yang menurut gue sudah lumayan lengkap. Sebelum mulai nge jepret lo bisa mengutak-atik settingan kamera sesuai yang lo mau mulai dari photo size, photo quality, light sensitivity (ISO), metering adjustment (untuk HH tertentu), auto focus, self timer dll. Yang paling gue suka dari aplikasi ini yaitu terdapat fitur stabilizer yang membuat hasil jepretan kita nggak goyang.

Setelah selesai mensetting kamera dan mulai menjepret foto, aplikasi ini juga menawarkan efek-efek yang lumayan kece semacam retro, sketch, lomo, magic color, dan masih banyak lagi. Oh iya, efek HDRnya sangar abis.

Nah, asyiknya lagi setelah semua fitur kece yang di berikan tadi, lo bisa mendownload camera 360 ultimate ini di google play secara gratis tanpa embel-embel iklan yang ngeganggu

Fx Camera



Ini nih aplikasi yang menurut gue nggak ribet, simpel, tapi hasil jepretannya cukup memuaskan. Cocok banget buat lo yang nggak mau mengatur-atur settingan kamera lagi sebelum ngejepret. Cukup memilih salah satu jenis kamera yang tersedia, kemudian jepret deh. Jenis kameranya nggak begitu banyak sih cuman ada toy camera, polandroid (polaroid), fisheye, Warhol effect, symmetricam, sama kamera normal, tapi di jamin nggak mengecewakan deh. 

Gue paling suka sama efek toy  camera, soalnya hasil dari toy camera ini rada sendu-sendu galau gitu. Cocok banget buat motret ibu-ibu  muda galau yang di tinggal suaminya jadi TKI di arab, atau abg-abg labil yang di tinggal LDR pacarnya buat kuliah di tempat lain, atau...ga jadi deh, ga tega gue :p. *oke fokus.

Nah, karena aplikasinya yang simpel fx camera ini running-nya cepat banget dan nggak pake ngadat. Cocok buat HH yang prosesornya rendah. Yang terakhir yang paling penting, aplikasi ini juga bisa di unduh dengan ehemm...GRATIS di google play.
 
Photaf Panorama

Mau ngejepret foto panorama? nggak mau ribet buat ngedit berlama-lama dengan photoshop?. Just download this app with ur andro. Aplikasi ini memungkinkan elo membuat foto panorama yaitu foto yang objeknya memanjang seperti banner hanya dengan menggunakan HP. 

Nih aplikasi memang canggih gila, photaf bisa menggabungkan 9 hingga 12 gambar hanya dengan sekali klik. Setelah menjepret beberapa gambar, pilih opsi stich images untuk merangkai semua gambar menjadi gambar panorama yang indah.

Ada dua versi photaf yang di tawarkan di google play. Yang versi gratis dan versi pro yang berbayar. Applikasi pro nya menawarkan fitur-fitur seperti opsi portrait, super HD mode, picture size large dan extra large, dan masih banyak lagi fitur-fitur lainnya. Buat elo yang punya uang lebih, lo bisa mengunduh versi pro nya di google play dengan harga $3,82 dan buat elo yang berkantong cengak kayak gue nggak usah berkecil hati, versi gratisnya juga lumayan memuaskan kok. 

Aplikasi Edit Foto

After Focus



Aplikasi dari MotionOne ini bisa membuat foto yang lo jepret mempunyai efek DOF, yaitu ukuran seberapa jauh bidang fokus dalam foto. Simpelnya elo bisa membuat sebagian daerah menjadi buram pada foto yang lo jepret sehingga bisa menonjolkan sebagian daerah yang lain.

Aplikasi yang tersedia dalam dua versi yaitu versi free dan versi pro yang di bandrol dengan harga $1,77 ini bisa lo download di googleplay. Versi freenya menawarkan beberapa fitur seperti Background blur effect, filter effect, serta smart focus area selection sedangkan dalam versi pronya terdapat beberapa fitur tambahan seperti Double photo.

PicsArt





Setelah lo menjepret foto dengan berbagai aplikasi kamera tadi dan masih belum puas, lo bisa mengedit hasil jepretan lo di aplikasi yang bernama PicsArt ini. Dengan fitur-fitur yang terbilang lengkap seperti Picture editor (masks, collage, frames, border, crop, text effects, clipart, dll), Magic effect (Lomo, vintage, HDR, comic, neon,dll), Draw (Draw effect, sticker, brush, text styles,dll), dan masih banyak lagi fitur lainnya elo bisa menghias foto lo menjadi rame dan menarik atau menjadikannya sebuah foto artistik.

Dan dari semua fitur super lengkap yang di tawarkan oleh aplikasi ini, lagi-lagi elo bisa mendapatkannya secara gratis di play store. 

Aplikasi Sharing Foto
Futu-futu udah, edit juga udah...hmm rasanya belum lengkap jika lo tidak membagi hasil karya lo dengan orang lain. Untuk share foto gue biasanya menggunakan instagram, aplikasi andalan dari platform iOS yang sekarang sudah bisa di nikmati di android yang lagi booming sekarang ini atau melalui aplikasi Go Photo yang juga banyak penggemarnya. Melalui kedua aplikasi ini lo bisa membagikan foto lo ke berbagai jejaring sosisal termasuk milik Instagram dan Go Photo itu sendiri. Selain itu kedua aplikasi ini juga terdapat beberapa fitur keren untuk mengedit foto.

Aplikasi Iseng :p 

Buat lo yang iseng dan suka ngerjain orang, aplikasi AngingBooth, FatBooth, dan BaldBooth sangat cocok buat lo. Melalui aplikasi ini elo bisa mengedit foto teman-teman lo menjadi tua, gendut, dan botak seperti yang gue lakukan terhadap teman-teman gue dalam postingan yang lalu disini.


Ok Guys, sekian dulu aplikasi-aplikasi foto di OS Android yang bisa gue bagi. Aplikasi-aplikasi tersebut hanya beberapa dari sekian banyak aplikasi foto yang bertebaran di Google Play Store yang bisa lo cari dan coba sendiri. Let’s capture our moments guys :)

Wassalam,

Tidak ada komentar:

Posting Komentar